Kamis, 08 November 2012

MANAJEMEN KOPERASI


POLA MANAJEMEN KOPERASI

Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.
 Definisi  manajemen yg dikemukakan  oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
Koperasi seperti halnya organisasi yang lain membutuhkan pola manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapai dengan efisien.
jadi, manajemen koprasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.
Untuk mencapai tujuan Koperasi, perlu diperhatikan adanya sistim Manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil, yaitu dengan diterapkannya fungsi-fungsi Manajemen

Hal yang membedakan manajemen koperasi dengan manajemen umum adalah terletak pada unsur-unsur manajemen koperasi yaitu rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Adapun tugas masing-masing dapat diperinci sebagai berikut : Rapat anggota bertugas untuk menetapkan anggaran dasar, membuat kebijaksanaan umum, mengangkat/memberhentikan pengurus dan pengawas. Pengurus koperasi bertugas memimpin koperasi dan usaha koperasi sedangkan Pengawas tugasnya mengawasi jalannya koperasi.
Untuk koperasi yang unit usahanya banyak dan luas, pengurus dimungkinkan mengangkat manajer dan karyawan. Manajer atau karyawan tidak harus anggota koperasi dan seyogyanya memang diambil dari luar koperasi supaya pengawasannya lebih mudah. Mereka bekerja karena ditugasi oleh pengurus, maka mereka juga bertanggung jawab kepada penguru
s

Rapat Anggota
Rapat Anggota merupakan syarat bagi badan usaha yang bernama koperasi. Bukan bermaksud menggurui, tapi sekedar mengingatkan. Bagaimana pelaksanaan Rapat Anggota sesuai ketetapan UU Koperasi No 25/1992.
Bagi primer Puskowanjati, Rapat Anggota sudah menjadi hajatan rutin setiap tahun. Kendati sudah menjadi agenda tahunan, tapi masih ada juga pengurus primer yang begitu tegang tatkala menjelang dilaksanakannya Rapat Anggota. Anggota yang hadir dalam rapat anggota seakan menjadi momok yang menakutkan. Terutama ketika menginjak pada acara pandangan umum. Saat itulah Pengurus seakan menjadi pihak yang diadili.
                                                          
Pengurus
Pengurus Koperasi dipilih dari dan oleh anggota dalam rapat anggota . Namun, tidak selamanya para pengurus tersebut mempunyai kemampuan dan keahlian dengan bidang yang ditunjuk, maka ada kemungkinan penunjukkan pengurus dipilih bukan dari anggota koperasi tersebut agar kinerja pengurus diharapkan sesuai dan lebih maksimal.

Pengawas
Pada hakikatnya, pengawasan koperasi dilakukan oleh semua anggota koperasi. Setiap anggota koperasi mempunyai hak yang sama, karena sekali lagi koperasi ini dibangun untuk kepentingan bersama.
Biasanya, pengurus dari pusat hanya sekali – kali memantau jalannya kepengurusan sebuah koperasi. Hal ini dikarenakan pengurus pusat mempercayai penuh berjalannya koperasi kepada anggota masing – masing koperasi.

Manajer
Keberadaan manajer bersertifikat ini penting bagi KSP sebagai lembaga jasa keuangan untuk memperkuat kepercayaan anggota dan masyarakat untuk menggunakan jasanya, baik sebagai tempat menyimpan dana atau meminjam.

Pendekatan Sistem pada koperasi
Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu :
-          Organisasi dari orang – orang dengan unsure eksternal ekonomi dan sifat-sifat sosial (pendekatan sosiologi).
-          Perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik).

PERTANYAAN
1. Jelaskan Pengertian dari rapat anggota dan berapa lama kepengurusan koperasi dapat diganti!!
2. Adakah perbedaan antara pemahaman Manajemen koperasi dengan Pelaksanaan manajemen pada umumnya? jelaskan!!

TWITTER